Kamis, 12 Juli 2007

Virus ( Jauhi dia, tapi jangan jauh-jauh )

VIRUS - DARI GAYA MAUPUN BAHAYANYA
Virus, virus dan virus ( diulang 3 x biar kesannya dia SEREM ), selalu dekat dengan anda, tetapi tidak akan pernah menjadi kawan dekat bagi anda. Pada saat ini virus semakin bervariasi dalam upayanya "mendekati" kita, ada yang menyerang lewat e-mail, ada yang menyerang lewat flash disk dan sebagainya. Dan kian hari semakin menyeramkan saja ( makanya tadi aku menulis kata "virus" sampai 3x ), ada yang merusakkan data bahkan merusakkan hardware yang ada di PC atau Laptop kita.

ANTI VIRUS - CARA YANG ( TIDAK ) SELALU AMAN MELAWAN VIRUS
Ketika anda selalu bekerja dan beraktifitas dengan sebuah alat yang bernama PC atau Laptop, anda akan semakin dekat dengan virus. Anda akan semakin dekat dengan permasalahan yang sebenarnya ( masih ) bisa kita hindari sedini mungkin. Bukan masalah anti virus apa yang kita andalkan, akan tetapi lebih mengarah pada langkah kita agar masalah bisa terhindarkan. Anti virus secara logis diciptakan setelah virus, virus dan virus itu ada ( diulang 3x biar kesannya dia semakin SEREM ). Mungkin hari ini anda masih percaya sepenuhnya oleh anti virus, mungkin hari ini anti virus anda adalah "jagoan" dan masih bisa menjadi cara yang aman melawan virus. Apakah anti virus kita selalu mampu menjadi penjaga gawang yang baik? Apakah anti virus kita selalu mampu "menyehatkan kembali" sistem operasi kita setelah terinfeksi virus? Apakah anti virus kita mampu mengembalikan data yang terserang virus? Ingat "Small.Kl", virus yang menghancurkan data setiap tanggal 3. Pernahkah anda bayangkan, anti virus yang anda andalkan malah menghancurkan data yang seharusnya dia amankan? Iya kalo data itu bisa kita recovery, kalo tidak? Seperti yang terjadi pada kasus virus "Kspoold".

REFLEKSI DIRI - CARILAH "YOUR OWN SOLUTION"
Banyak hal yang harus selalu anda lakukan untuk menjawab semua permasalahan diatas. Banyak solusi untuk keluar dari rumitnya semua itu. Tergantung kita sendiri, tergantung cara kita menyikapi, dan semuanya kembali kepada kita sendiri.
  1. Sudah amankah Operating System yang kita gunakan?
  2. Sudah amankah data yang kita simpan?
  3. Sudah amankah anti virus yang kita gunakan?
  4. Jangan pernah merasa over confident dalam hal ini, jangan hanya selalu meng-update anti virus yang anda gunakan, tetapi update juga pengetahuan anda.
  5. Bertanyalah pada Om Google ( aku tak bermaksud men-dewa-kan situs ini )


Tidak ada komentar:

VISITOR COUNTER