Senin, 16 Juli 2007

Mengamankan Dokumen

Tips ini sangat sederhana, tetapi setidaknya akan mengurangi ketergantungan kita terhadap anti virus.

Seperti yang termuat dalam artikel saya tentang anti virus, anti virus bukanlah Super Hero, dan selayaknya kitapun jangan sampai kecanduan anti virus. Maka pernah tempo hari saya mendorong anda untuk "find your own solution".

"Tak kenal maka tak serang"

Sebagai intermezzo, pernahkah anda mendengar bahwa penyamaran yang baik adalah penyamaran yang membuat sesuatu yang disamarkan menjadi tidak dikenali? Nah virus seringkali menyamar dulu pada saat akan menyerang PC / Laptop kita, sehingga anti virus kagak ada reaksi. Trus yang mereka cari biasanya adalah data atau dokumen kita( logikanya virus harus lebih dulu mengenali data atau dokumen kita ). Begitu data atau dokumen itu ditemukan oleh virus, apa yang terjadi? Ya terserah virusnya lah? Masa nanya ke saya ( saya bukan peramal tuh ).

Tidak butuh software untuk mencoba tips mengamankan dokumen ini.

Saya rasa cukup sudah basa-basi saya ini, untuk itu tips dan trik ini saya akhiri sekian saja. Piye to iki....inti tips dan trik'e wae durung jew!!!
Pertama-tama tips ini berguna dalam membantu menjaga data / dokumen / file dengan ekstensi *.doc, *.ppt, *.xls. File seperti itu jelas sebagai bagian terbesar dalam data-data kita. Dan sepertinya virus sangat-sangat mengincarnya. Oleh karena itu kita harus berusaha "menyamarkan" file-file tersebut, agar tidak bisa dikenali oleh virus yang nakal. Langkah yang harus kita lakukan adalah:
  1. Me-rename ekstensi file-file kita yang berakhiran *.doc, *.ppt atau *.xls. Contoh: Kita punya file "dataku penting buanget.doc", rename menjadi "dataku penting buanget.docapaajayangpentingdisamarkan"
  2. Jangan terkejut bila sistem operasinya tidak mengenali itu sebagai file apa, trus bagai mana bukanya ( pada kondisi seperti ini, virus juga tidak mengenali data anda ). Ketika kita mau mengakses file tersebut, tinggal double click aja. Beres dah.
Hal yang perlu diperhatikan juga:
  1. Hindari menyimpan data pada drive yang ditempati sistem.
  2. Usahakan menyimpan file word dalam format *.rtf.
  3. Sering-seringlah mengupdate virus definition dalam otak anda.

Tidak ada komentar:

VISITOR COUNTER