Selasa, 08 April 2008

Prihatin sajalah, karena menjerit sia-sia juga

Beberapa tahun yang lalu aku nggak bisa apa² ..... apa itu internet....apa itu cyber?
Aku goblok....tapi setidaknya aku jujur.

Aku tidak punya PC untuk belajar, kalaupun minjem, musti nunggu yang punya sedang nggak nge-gunain [ thanks to Slamet " JOE " Riyanto, Yusran " Hwa Jing Fay " ]. Akses ke warnet, ngumpulin duit dulu, daripada bisa nge-net, nggak bisa makan. Tapi mungkin proses seperti ini musti kujalani sehingga sekarang aku bisa menjadi seperti ini. Setidaknya sekarang aku nggak goblok-goblok amat, dan insya'allah tetep jujur.

Berteman dengan Google....dan menepis batas yang tak berbatas?
Dan dalam benakku...aku hanya ingin pinter...itu saja.

Dari google dan dari teman² apartemen mancasan-lah akhirnya aku menemukan jalan untuk menepis batas yang tak berbatas. Memang teman-temanku bukan sekelas Kevin Mitnick, tapi kami berusaha belajar " apapun yang ingin kami pelajari ". Kami bukan pencuri, kami hanya mempelajari [ ilmu bukan untuk disimpan sendiri dan dikomersialkan ]. Kami bukan perusak, karena kami sangat menghormati apa yang telah diciptakan oleh siapapun.

Bob Marley pernah bilang " When one door is closed, don't you know other is open " dalam lirik lagunya yang berjudul " Coming In From The Cold ". Percayalah!

Imposible is nothing, anda bisa belajar apa saja, berbuat apa saja yang anda suka dengan internet. Di negri ini regulasi semakin aneh. Aku nggak bisa mengerti, nggak pernah mengerti dan nggak pernah mau mengerti. Kenapa harus ada regulasi yang sedemikian aneh? Filter sana-sini, blok sana-sini. Haruskah seperti ini? Ini dunia maya, hal ini hanya menjadi sebuah ke-sia²-an. Ibarat membendung angin atau air.
  1. Apakah orang menjadi tidak berbuat salah atau cabul karena ada Undang-undang yang melarang. Bukankah untuk tidak berbuat salah atau cabul, cukup dengan kesadaran diri dan hati nurani masing², bahwa berbuat salah atau cabul itu DOSA?
  2. Apakah semua orang dilarang naik angkutan umum bila kedapatan seorang pengacau pernah berada di dalamnya? Atau akankah sebuah mata air dimatikan bila kedapatan satu ekor cobra pernah berenang-renang di sana?
  3. Di internet inilah banyak ilmu yang bisa kita pelajari, yang sering tidak kita temui dalam buku² yang dijual di negri ini [ yang sering kali harus kita bayar mahal untuk mendapatkannya ], yang sering juga tidak diajarkan dalam pendidikan formal [ yang kini hanya untuk mereka yang mampu bersekolah saja ].

Tidak ada komentar:

VISITOR COUNTER